Publication Ethic

 

  • Pernyataan Etika

Pernyataan etika ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam jurnal ini termasuk penulis, pimpinan redaksi, dewan editorial, reviewer, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Journal Editor.

  • Keputusan Publikasi

Keputusan artikel mana yang akan diterbitkan dalam Jurnal GEMA sepenuhnya merupakan tanggung jawab editor. Dalam hal ini tim editorial dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana harus ditegakkan terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Tim editorial dapat berdiskusi dengan reviewer dalam membuat keputusan ini.

  • Perlakuan yang Adil

Dalam mengevaluasi setiap artikel yang diajukan pada Jurnal GEMA, tim editorial akan bersikap adil dan terus memprioritaskan penilaian konten intelektual, tanpa memperhatikan jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik dari penulis..

  • Kerahasiaan

Semua artikel yang terdapat pada Jurnal GEMA akan dirahasiakan. Oleh karena itu, tim editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun dari artikel yang dikirimkan ini kepada pihak lain selain dari penulis, reviewer, mitra bestari, dewan editorial, dan tim editorial lainnya yang sesuai.

  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Tanpa persetujuan tertulis dari penulis, editor tidak diperbolehkan untuk menggunakan materi yang terdapat dalam naskah untuk digunakan sendiri walaupun tidak dipublikasikan pada Jurnal GEMA.

 

>> Tugas Reviewer

  • Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Reviewer membantu editor untuk membuat keputusan editorial atas semua naskah yang dikirim ke Jurnal GEMA. Selain itu, reviewer juga dapat membantu penulis untuk memperbaiki naskah melalui komunikasi editorial dengan penulis.

  • Kecepatan

Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk mengkaji penelitian dalam sebuah naskah atau mengetahui bahwa tinjauan langsung tidak mungkin dilakukan maka reviewer harus memberitahukan editor dan meminta izin untuk tidak melakukan proses peninjauan.

  • Kerahasiaan

Reviewer harus menjaga kerahasiaan setiap naskah yang diterima dan tidak diizinkan untuk mengungkapkan informasi apapun, menunjukkan dan mendisuksikan naskah kepada orang lain selain penulis, editor, mitra bestari, dan penerbit tanpa izin dari editor.

  • Standar Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif. Kritikan pribadi terhadap penulis tidak diperkenankan. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas disertai argumen yang mendukung.

  • Pengakuan Sumber

Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah menuliskan semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Reviewer harus mengidentifikasi karya yang relevan yang belum dikutip penulis. Setiap pernyataan yang merupakan pengamatan, pengutipan tak langsung, ataupun argumen yang telah terpublikasikan harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer harus meminta editor untuk memperhatikan kemiripan atau tumpang tindih antara naskah yang diniai dan tulisan lainnya yang telah diterbitkan.

  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau pendapat yang diperoleh dari reviewer harus dirahasiakan dan tidak diungkapkan serta tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Reviewer tidak boleh menimbang naskah dimana mereka memiliki konflik kepentingan yang berasal dari hubungan yang bersifat persaingan, kerjasama, atau lainnya dengan penulis manapun ataupun lembaga yang terkait.

 

>> Tugas Penulis

  • Standar Pelaporan

Penulis yang mengirimkan penelitian orisinal harus menyajikan perhitungan dengan akurat dari penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan dan pembahasan dari signifikansi hasil. Data pokok harus dapat direpresentasikan pada naskah. Naskah harus mengandung detail yang cukup rinci dan referensi untuk memungkinkan orang lain melakukan ulang (replicate) penelitian tersebut. Laporan penipuan atau pernyataan tidak akurat yang dengan sengaja dilakukan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima. Review dan artikel publikasi profesional juga harus akurat dan objektif, serta editor harus dapat mengidentifikasi hal tersebut dengan jelas..

 

  • Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus dapat memastikan bahwa apa yang telah ditulis seluruhnya merupakan karya asli dan apabila penulis telah menggunakan pekerjaan atau perkataan orang lain maka harus disitasi atau dikutip dengan tepat. Plagiarisme terdiri dari beberapa bentuk, mulai dari mengakui naskah orang lain menjadi naskah karya sendiri, menyalin atau mengutip bagian substansial dari naskah lain (tanpa atribusi), dan mengklaim hasil penelitian yang dilakukan orang lain. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku tidak etis untuk publikasi dan tidak dapat diterima.

 

  • Publikasi yang Multipel, Berlebihan, dan Secara Bersamaan

Penulis sebaiknya tidak mempublikasi naskah yang menggambarkan dasar penelitian yang sama pada lebih dari satu jurnal. Mengirimkan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima. Secara umum, penulis seharusnya tidak mengirimkan naskah untuk pertimbangan dalam jurnal lain yang telah terbit sebelumnya. Publikasi beberapa jenis artikel (pedoman klinis, terjemahan) pada lebih dari satu jurnal terkadang dapat dibenarkan dengan syarat memenuhi beberapa kondisi tertentu. Penulis dan editor jurnal yang bersangkutan harus menyetujui publikasi sekunder yang harus mencerminkan data yang sama dan interpretasi dokumen primer. Referensi primer harus dikutip dalam publikasi sekunder.

 

  • Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat terhadap karya orang lain harus selalu diberikan. Para penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa ada izin tertulis dari sumber. Informasi yang diperoleh dalam proses pelayanan rahasia seperti naskah juri atau aplikasi hibah tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis dari penulis yang terlibat.

  • Penulis dalam Naskah

Penulis harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, pelaksanan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dituliskan sebagai co-author. Apabila terdapat orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif pada penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua co-author yang sesuai telah dimasukkan ke dalam naskah serta seluruh co-author telah melihat dan menyetujui naskah final dan menyepakati pengajuan naskah tersebut untuk publikasi.

 

  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Seluruh penulis harus menyatakan dalam naskahnya mengenai konflik keuangan atau substansial yang dapat memengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah. Seluruh bantuan keuangan untuk penelitian harus diungkapkan. Konflik kepentingan yang potensial yang harus diungkapkan meliputi pekerjaan, konsultan, kepemilikan saham, honorarium, kesaksian ahli yang dibayar, aplikasi paten/pendaftaran, dan hibah atau dana lain. Potensi konflik kepentingan harus diungkapkan pada tahap yang sedini mungkin.

  • Kesalahan mendasar dalam karya-karya yang diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan signifikan atau ketidaktepatan dalam karyanya yang telah diterbitkan, penulis berkewajiban untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah. Apabila editor atau penerbit bekerja sama dengan pihak ketiga yang mempublikasi naskah dengan kesalahan yang signifkan, penulis wajib menarik kembali atau memperbaiki naskah atau memberikan bukti kepada editor untuk mengoreksi naskah yang asli.

 

Biaya Penulis

  • Biaya proses artikel : 0.00 (IDR)

           Penulis tidak dibebankan biaya proses artikel

  • Submit artikel : 0.00 (IDR)

           Penulis tidak dibebankan biaya submit artikel

  • Publikasi artikel : 0.00 (IDR)

penulis tidak dibebankan biaya publikasi