Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kaizar Lahat

  • Hayani Hayani STIE Serelo Lahat
Keywords: Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction.

Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of product quality on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat (2) the quality of service on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat, and (3) the effect of product quality and service quality on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat. This research is a survey research with an associative design. The population in this study were all consumers of Kedai Kaizar Lahat. The sample of this research is most consumers of Kedai Kaizar Lahat in Kab. Lahat, amounting to 60 people. Data collection using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used in this study is multiple regression analysis. The results of the study with a significance level of 5% found that (1) product quality has a positive effect on customer satisfaction, (2) service quality has a positive effect on customer satisfaction and (3) product quality and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat (2) kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat, dan (3) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan rancangan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Kedai Kaizar Lahat. Sampel penelitian ini adalahsebagian konsumen Kedai Kaizar Lahat di Kab. Lahat yang berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menemukan bahwa(1) kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Arief, Muhtosim. 2016. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publishing, Malang.

Assauri, Sofjan. 2016. “Manajemen Bisnis dan Pemasaran”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Eka Prata. 2015. Jurnal, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada restoran Happy Garden. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang..

Gudono. 2015. Teori Organisasi. Pensil Press, Sleman.

Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prehalindo, Jakarta.

Kotler, Philip & Armstrong, 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Sunarto. 2015. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV Ngeksigondo Utama.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D”. Alpabeta, Bandung, 2016.

Sunyoto, Danang. 2016. “Metodelogi Penelitian Akutansi”. PT. Rafika Aditama, Jakarta.

Published
2021-07-30