Gaya Hidup, Orientasi Pilihan Strategi dan Pengambilan Keputusan Usaha pada UMKM di Kota Palembang

  • Anastasia Sri Sukistini
  • Antonius Singgih Setiawan Fakultas Bisnis Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Agustinus Widyartono
Keywords: Business decision making, Lifestyle, Strategy choice orientation

Abstract

This study aims to prove the effect of lifestyle, strategy choice orientation on business decision making. This study uses primary data through a survey of culinary entrepreneurs in Palembang. The questionnaire data used in this study were 92 (61.3%). Analysis of Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) using Warp PLS software version 5.0 to examine the research. The results of the study show that the lifestyle and strategy choice orientation affects business decision-making.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh gaya hidup, orientasi pilihan strategi pada pengambilan keputusan usaha. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei kepada pengusaha kuliner di kota Palembang. Data kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 (61,3%). Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) menggunakan perangkat lunak Warp PLS versi 5.0 dipakai untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup orientasi pilihan strategi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan usaha.

References

Adriana, M. 2012. Pengaruh inovasi dan pemberdayaan terhadap kinerja manajerial dengan anggaran sebagai variabel moderating. Jurnal Maksi. Vol. 12 (1). pp. 139 – 155.

Boluk, Karla dan Ziene Mottiar. (2014). Motivations of social entrepreneur: Blurring the social Contribution and Profits Dichotomy. Social Enterprise Journal Vol 10 (1). pp 53 – 68.

Badan Pusat Statistik. (2021). Palembang dalam angka 2021. BPS Palembang: Palembang

Dawson, D. Fountain, J dan Cohen. D. A. (2011). Seasonality and the lifestyle “Conundrum”: An analysis of lifestyle entrepreneurship in wine tourism regions, Asia Pacific Journal of Tourism Research Vol.16 (5). pp. 551 - 572.

Dewi, M. N. dan Samuel, H. (2015). Pengaruh gaya hidup (lifestyle), harga, promosi terhadap pemilihan tempat tujuan wisata (destination) studi kasus pada konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya. Jurnal Manajamen Pemasaran Petra. Vol. 3 (1). pp. 1 – 13.

Gaddam, S. (2008). Identifying the relayionship between behavioral motives and entrepreneurial intentions: An empirical study based participations of business management students. The Icfaian Journal of Management Research. Vol. 7. pp. 35 – 45

Hair, J. F. Hult, G. T. M. Ringle, C. M. dan Sartsedt, M. 2013. A prime on partial least squares stuctural equation modeling (PLS-SEM). Los Angeles: Sage.

Hartini, S. 2013. Hubungan orientasi pasar, strategi bersaing, kewirausahaan korporasi dan kinerja perusahaan. EKUITAS Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 17 (1). pp. 39 – 53.

Irawati, R. (2017). Pengambilan keputusan usaha mandiri mahasiswa ditinjau dari faktor internal dan eksternal. Jurnal JIBEKA. Vol. 11(1). pp. 58 – 69.

Kalkan, A. Bozkurt, O. C. dan Arman, M. 2014. The Impacts of intellectual capital, innovation and organizational strategy on firm performance. Procedia - Social and Behavioral Science. Vol. 150 (September). pp. 700 – 707.

Karabag, S. F. dan Berggren, C. 2014. Antecedents of firm performance in emerging economies: Business groups, strategy, industry structure, and state support. Journal of Business Research. Vol. 67 (10). pp. 2212 – 2223.

Kock, N. 2011. Using WrapPLS in e-collaboration studies: Descriptive statistics, settings, and key analysis results. International Journal of e-Collaboration. Vol. 7 (2). pp. 1 – 18.

Mufidah, N. L. (2012). Pola konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan foodcourt oleh keluarga. BioKultur. Vol. 1(2). pp. 157 – 178.

Obschonka, M. dan Silbereisen, R. K. (2012). Entrepreneurship from a developmental science perspective. International Journal of Developmental Sciences. Vol 6(3-4). Vol. 107 – 115.

Paendong, M. dan Tielung, M. V. J. (2016). Pengaruh kebutuhan dan gaya hidup terhadap pembelian ponsel smartfren di galeri smartfren cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16 (4). pp. 122 – 130.

Pangestu, S. D. dan Suryoko, S. (2016). Pengaruh gaya hidup (life style) dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 5 (1). pp. 63 – 70.

Perwiranegara, A. H. 2015. Pengaruh orientasi kepemimpinan pasar dan strategi inovasi terhadap kinerja UKM. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 13 (1). pp. 77 – 89.

Pramiswari, D. A Y. dan Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha studi kasus mahasiswa program studi akuntansi Universitas Udayana. E-Jurnal Akuntansi. Vol 20 (1). pp. 261 – 289.

Setiawan, A. S (2016). Pengaruh pemilihan strategi deferensiasi terhadap kinerja keuangan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur food & beverages terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi. Vol 20 (1). pp. 104 – 116.

Setiawan, A. S. Rahmawati. Djuminah. Dan Widagdo, A. K (2019). Owner power, deliberate strategy formulation, and strategic management accounting. Opcion. Vol 35 (89). pp. 254 -270.

Setiawan, A. S (2020). Orientasi pasar, pilihan strategi dan peran fungsional akuntansi: Studi pada industri hotel di Sumatera Selatan. Journal of Business and Information Systems, Vol. 2 (1). pp. 1 – 11.

Setiawan, A.S. dan Lina. (2020). Keputusan afiliasi OTA dan kinerja Hotel (Studi pada hotel berafiliasi). Journal of Business and Information Systems. Vol. 2 (2). pp. 106 – 112.

Setiawan, A.S. Lina. dan Widyartono, A. (2020). The impact of novelty and meaningfulness creative marketing program on hotel performance. Jurnal Manajemen. Vol. 24 (3). pp. 342 – 357.

Setiawan, A.S. Ony, J. G. dan Permata, V. S. (2020). The effect of cultural values on business strategy choices. Jurnal Manajemen. Vol. 24 (1). pp. 158 – 173.

Sukmawati, N. dan Ekasasi. S. R. (2020). Pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan sehat Soyjoy. CAKRAWANGSA BISNIS. Vol. 1 (1). pp. 17 – 27.

Turner, M. J. Way, S. A. Hodari, D. dan Witteman, W. 2017. Hotel property performance: The role of strategic management accounting. International Journal of Hospitality Management. Vol. 63 (1). pp. 33–43.

Wijaya, T. (2008). Kajian model empiris perilaku berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10 (2). pp. 93 – 104.

Xiao, Q. O'Neill, J. W. dan Mattila, A.S. 2012. The role of hotel owners: The influence of corporate strategies on hotel performance. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol. 24 (1) pp. 122 – 139.

Zahra, A. A. Husna, A. N. dan Haq, A. L. A. (2019). Dinamika pengambilan keputusan dan perkembangan jiwa wirausaha pada mahasiswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 6 (1). pp. 113 – 130.

Published
2021-07-30