Free Shipping and Pay-later on Impulse Buying Among Gen Z Students: The Role of Lifestyle Moderation

  • Anyelir Aliya Vahera Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  • Lestari Wuryanti Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Malahayati
  • Euis Mufahamah Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Malahayati
Keywords: Lifestyle, Free Shipping, Paylater Method, Impulsive Buying

Abstract

This study’s purpose is identifying lifestyle role factors that influencing free shipping impact and Paylater on impulsive purchases made by Generation Z students. Midwifery Study Program students at Malahayati University (Intake of 2019–2023) participated as respondents. This study analyzed 129 surveys. The research data was analyzed using quantitative methods and hypothesis testing, that used the MRA test using analysis tools which is IBM SPSS. This study has results that free shipping with t-value 2.252> t-table 1.984 and 0.000 <0.05 significant value on impulsive buying behavior, Paylater has a t-value of 5.923> t-table 1.984 and a significance value of 0.000 <0.05 on impulsive buying behavior, Free shipping and Paylater have a simultaneous or joint effect on Impulsive Buying behavior, Lifestyle has an moderate ability to influence free shipping variables on Impulsive Buying Behavior, Lifestyle is able to moderate the influence of Paylater variables on Impulsive Buying Behavior. Free shipping influence variables, Paylater on Behavior of Impulsive Buying after a moderating variable presence (Lifestyle) is 62.6%. These findings support modern consumer behavior theories that emphasize the importance of psychological and lifestyle aspects in influencing purchasing decisions in the digital era.

References

Aftika, S., Hanif, H., dan Devi, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater “Bayar Nanti” terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dalam Perspektif Bisnis Syariah. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 87–106. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.11228

Amelia, P. N., Fidiansa, P. A., dan Risa, C. S. (2023). Fenomena Penggunaan Paylater di Kalangan Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional (hal. 176–187).

Anatasya, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FISIP USU. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Angela, V., dan Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Anggriani, I., dan Indasari, F. (2018). Analisis Perbedaan Pembelian Impulsif Ditinjau dari Gender Konsumen pada Puncak Toserba Bengkulu. Ekombis Review, 6(1), 57–66.

CNN Indonesia. (2023). 3 Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya: Primer, Sekunder, Tersier. Diambil 1 Maret 2024, dari https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230417122649-569-938721/3-kebutuhan-manusia-menurut-intensitasnya-primer-sekunder-tersier

Edwin, J dan Yuliana, M. 2020. Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Moderator Pada Online Shop Chocochips. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2020 doi: p-ISSN.

Debora, D. A. Sentot, S. A. 2020. Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Perilaku Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee). JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan ISSN: 2622-612X (Media Online).

Giswandhani, M., dan Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-Tunai terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250. https://doi.org/10.31947/kareba.vi.11380

Istiqomah, M., dan Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis ongkir Danonline Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298. https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7426

Mardiansyah, D. (2022). Bisnis Paylater Mulai Waspada Kenaikan Kredit Macet (NPL). Diambil 11 Maret 2024, dari https://keuangan.kontan.co.id/news/bisnis-Paylater-mulai-waspada-kenaikan-kredit-macet-npl

Nurjihan Zhabrina Dude, Ramlan Amir Isa, Yulinda L Ismail. 2022. Pengaruh Penggunaan Paylater Dan Flashsale Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee (Studi pada Mahasiswa Pengguna Shopee Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Journal Of Management.

Puranda, N. R., dan Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Majalah Bisnis dan IPTEK, 10(1).

Purba, B., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh Online Store Beliefs melalui Browsing terhadap Impulse Buying pada Toko Online (Studi pada Lazada. CO. ID). 2(1), 643–648.

Putra, B. P. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Emosi Positif dan Store Environment Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rahima, P., dan Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016

Rahmatika, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 7, No. 1, April2021 P-ISSN 2460-8211 E-ISSN 2684-706X

Rahmawati, G. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylatter pada Generasi Millenial. Skripsi. Politeknik Negeri Jakarta.

Renggani, N. W. O. S, Hendra S. 2022. Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun.

Rismayadi, A. A, Dede, K. D., & Iedam, F. A. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Shopee Paylater Menggunakan Model Delone & Mclean Sebagai Media Pengajuan Kredit Online, Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika 2 (2), 190-197.

Rizkya, S. N., Sarah, S., & Wijaya, F. (2024). Pengaruh Flash Sale , Gratis ongkir , dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee. 5(1)

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Siregar, Y. M. (2022). Pengaruh Harbolnas, Fitur Shopee Paylater dan Koin Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying dengan Karakteristik Individu Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Kampus Islam di Sumatera Utara). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Stillman, D., dan Stillman, J. (2019). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Utami, N. W. (2017). Memahami Promo Free Ongkos kirim yang Semakin Berkembang. Diambil 15 Maret 2024, dari https://www.jurnal.id/id/blog/2017-memahami-promo-free-ongkos kirim-yang-semakin-berkembang/

Published
2025-11-30